Membahas Isi Puisi


Berikut contoh puisi karya Chairil Anwar.
Derai-Derai Cemara
cemara menderai sampai jauh
terasa hari akan jadi malam
ada beberapa dahan di tingkap merapuh
dipukul angin yang terpendam
aku sekarang orangnya bisa tahan
sudah berapa waktu bukan kanak lagi
tapi dulu memang ada suatu bahan
yang bukan dasar perhitungan kini
hidup hanya menunda kekalahan
tambah terasing dari cinta sekolah rendah
dan tahu, ada yang tetap tidak diucapkan
sebelum pada akhirnya kita menyerah
1949
1. Struktur Puisi
Puisi terdiri atas dua macam struktur, yaitu:
a.  Struktur fisik, meliputi: diksi (diction), pencitraan, kata konkret
(the concentrate word), majas (figurative language), dan bunyi
yang menghasilkan rima dan ritma.
b.  Struktur batin, meliputi: perasaan (feeling), tema (sense), nada
(tone), dan amanat (atention).
Pemahaman terhadap unsur-unsur tersebut bukan saja akan
bermanfaat untuk mengapresiasi sebuah puisi, melainkan juga
ketika kamu akan menulis puisi. Kesatuan dan kepaduan struktur

tersebut dapat melahirkan karya puisi yang memiliki  nilai seni dan
nilai makna yang tinggi.
2. Citraan dalam Puisi

Citraan atau pengimajian adalah gambar-gambar dalam pikiran
dan bahasa yang menggambarkannya. Setiap gambar pikiran disebut
citra atau imaji (image). Adapun  gambaran pikiran adalah sebuah
efek dalam pikiran yang sangat menyerupai, yang dihasilkan oleh
penangkapan kita terhadap sebuah objek yang dapat dilihat oleh
mata (indra penglihatan). Jika dilihat dari fungsinya, citraan atau
pengimajian lebih cenderung berfungsi untuk mengingatkan kembali
apa yang telah dirasakan.
Dengan demikian, citraan tidak membuat kesan baru dalam
pikiran. Kita akan kesulitan menggambarkan objek atau sesuatu
yang disampaikan dalam puisi jika kita belum pernah sama sekali
mengalami atau mengetahuinya. Oleh karena itu, kita akan mudah
memahami puisi jika memiliki simpanan imaji-imaji yang diperoleh
dari pengalamannya.
Ada beberapa jenis  citraan yang dapat ditimbulkan puisi, yakni
sebagai berikut.
a. Citraan Penglihatan

Citraan penglihatan ditimbulkan oleh indra penglihatan (mata).
Citraan ini merupakan jenis yang paling sering digunakan penyair.
Citraan penglihatan mampu memberi rangsangan kepada indra
penglihatan sehingga hal-hal yang tidak terlihat menjadi seolah-olah
terlihat.
Contoh citraan penglihatan dapat dilihat dari kutipan puisi berikut.

Perahu Kertas
Waktu masih kanak-kanak Kau membuat perahu kertas
dan kau
layarkan di tepi kali; alirnya sangat tenang, dan perahumu
bergoyang menuju lautan.
...
Karya Sapardi Djoko Damono
Sumber: Perahu Kertas, 1991

b. Citraan Pendengaran

Citraan pendengaran berhubungan dengan kesan dan gambaran
yang diperoleh melalui indra pendengaran (telinga). Citraan ini
dapat dihasilkan dengan menyebutkan atau menguraikan bunyi
suara, misalnya dengan munculnya diksi sunyi, tembang, dendang,
suara mengiang, berdentum-dentum, dan sayup-sayup.
Contoh citraan pendengaran dapat dilihat dari kutipan puisi berikut.

Penerbangan Terakhir
Maka menangislah ruh bayi itu keras-keras
Kedua tangan yang alit itu seperti kejang-kejang
Kakinya pun menerjang-nerjang
Suaranya melengking lalu menghiba-hiba

Karya Taufiq Ismail
 
      Sumber: Horison Sastra Indonesia 1 :Kitab Puisi 2002

c. Citraan Perabaan

Citraan perabaan atau citraan tactual adalah citraan
yang dapat dirasakan oleh indra peraba (kulit). Pada saat
membacakan atau mendengarkan larik-larik puisi, kita dapat
menemukan diksi yang menyebabkan kita merasakan rasa
nyeri, dingin, atau panas karena perubahan suhu udara.
Berikut contoh citraan perabaan dalam puisi.
Blues untuk Bonie

sembari jari-jari galak di gitarnya
mencakar dan mencakar
menggaruki rasa gatal di sukmanya

Karya W.S. Rendra




Sumber: Horison Sastra Indonesia 1 :
Kitab Puisi 2002
d. Citraan Penciuman

Citraan penciuman atau pembauan disebut juga citraan
olfactory. Dengan membaca atau mendengar kata-kata tertentu, kita
seperti mencium bau sesuatu. Citraan atau pengimajian melalui indra
penciuman ini akan memperkuat kesan dan makna sebuah puisi.
Perhatikan kutipan puisi berikut yang menggunakan citraan
penciuman.
Pemandangan Senjakala
Senja yang basah meredakan hutan terbakar
Kelelawar-kelelawar raksasa datang dari langit kelabu tua
Bau mesiu di udara, Bau mayat. Bau kotoran kuda.

Karya W.S. Rendra




Sumber: Horison Sastra Indonesia 1:
Kitab Puisi 2002
e. Citraan Pencicipan atau Pencecapan

Citraan pencicipan disebut juga citraan gustatory, yakni citraan
yang muncul dari puisi sehingga kita seakan-akan mencicipi suatu
benda yang menimbulkan rasa asin, pahit, asam, manis, atau pedas.
Berikut contoh larik-larik puisi yang menimbulkan citraan
pencicipan atau pencecapan.
Pembicaraan
Hari mekar dan bercahaya:
yang ada hanya sorga. Neraka
adalah rasa pahit di mulut
waktu bangun pagi
Karya Subagio Sastrowardojo

f. Citraan Gerak

Dalam larik-larik puisi, kamu pun dapat menemukan citraan
gerak atau kinestetik. Yang dimaksud citraan gerak adalah gerak
tubuh atau otot yang menyebabkan kita merasakan atau melihat
gerakan tersebut. Munculnya citraan gerak membuat gambaran puisi
menjadi lebih dinamis.
Berikut contoh citraan gerak dalam puisi.
Mimpi Pulang

Di sini aku berdiri, berteman angin
Daun-daun cokelat berguguran
Meninggalkan ranting pohon oak yang meranggas
Dingin mulai mengigit telingaku
Kuperpanjang langkah kakiku
Menyusuri trotoar yang seperti tak berujung
Di antara beton-beton tua yang tidak ramah mengawasiku
Gelap mulai merayap menyusul langkah kakiku
Ah, Gott sei dank! di sana masih ada burung-burung putih
itu
Aku bagaikan pohon oak
Ditemani angin musim gugur yang masih tersisa

Karya Nuning Damayanti




Sumber: Bunga yang Terserak, 2003
3. Perasaan dalam Puisi

Puisi menggungkapkan perasaan penyair. Nada dan perasaan
penyair akan dapat kita tangkap kalau puisi itu dibaca keras dalam
pembacaan puisi atau deklamasi. Membaca puisi atau mendengarkan
pembacaan puisi dengan suara keras akan lebih membantu kita
menemukan perasaan penyair yang melatarbelakangi terciptanya
puisi tersebut.
Perasaan yang menjiwai puisi bisa perasaan gembira, sedih,
terharu, terasing, tersinggung, patah hati, sombong, tercekam,
cemburu, kesepian, takut, dan menyesal.
Perasaan sedih yang mendalam diungkapkan oleh Chairil
Anwar dalam "Senja di Pelabuhan Kecil", J.E. Tatengkeng dalam
"Anakku ", Agnes Sri Hartini dalam "Selamat Jalan Anakku", dan
Rendra dalam Orang-Orang Rangkas Bitung".






Share this: